Wisata Perkebunan Buah di Semarang

Perkebunan Buah di Semarang jadi Wisata untuk Liburan

Berekreasi dengan keluarga adalah hal yang membahagiakan, apa lagi ke lokasi yang unik seperti menuju Wisata Perkebunan Buah di Semarang.

Di tempat wisata itu, kamu dan keluargamu dapat belajar bagaimana menanam tanaman, menuai hasilnya, dan berpose dengan latar belakang kebun yang cantik.

Wisata Perkebunan Buah di Semarang

#DiIndonesiaAja punyai banyak tempat wisata berbasiskan perkebunan, diantaranya ada di Semarang. Beberapa objek rekreasi itu memiliki keunikan tertentu, seperti kekhususan tanaman yang dihidangkan, sarana, dan rutinitas rekreasinya, terhitung menuai buah sendiri. Ditambahkan lagi, beberapa objek rekreasi itu mempunyai elemen #WonderfulIndonesia, lho!

Baca Juga: Nikmati Pesona Bawah Air Terbaik Bali

Nah, ingin tahu kan apa beberapa objek Wisata Perkebunan Buah Semarang dengan petik buah yang ada di Semarang? Yok, baca daftar berikut!

  1. Hortimart Agro Center

Posisi: Jl. Gatot Subroto no. 55, Kel. Gembol, Kec. Bawen, Kab. Semarang

Bila kamu pengin nikmati kesan ala-ala Taman Buah Mekarsari yang berada di Bogor, kamu dapat singgah ke Hortimart Agro Center. Tempat wisata yang berdiri semenjak tahun 1970 ini awalannya diperutukkan sebagai tempat budidaya buah-buahan lokal.

Banyak buah-buahan yang disiapkan di sini, seperti melon, durian, buah naga, mangga, jeruk, jeruk Bali, dan sebagainya. Kamu langsung bisa rasakan kesan menuai buah dari kebunnya. Bila tidak mau memetiknya, kamu langsung bisa beli buah-buahan itu di Agro Mart pada tempat wisata ini.

Selingan yang tidak kalah menarik ialah kamu dapat melingkari tempat wisata ini dengan mobil tour yang disiapkan. Cukup bayar Rp100.000 per mobil, kamu dapat ajak keluargamu s/d 12 orang. Ditanggung kamu akan kagum dengan penampilan kebun buah-buahan di sini.

  1. Kebun Durian Watu Simbar

Posisi: Jl. Mr. Koesbiono Tjondro Wibowo, Kel. Pakintelan, Kec. Gunungpati, Kota Semarang

Untuk kamu pecinta durian, tiba saja ke Kebun Durian Watu Simbar. Kebun ini sediakan lebih dari 50 spesies durian lokal, seperti durian Gemblong, durian Glawer, durian Bawang, dan sebagainya. Ditanggung kamu akan senang menuai dan mencicip durian yang berada di sini.

Antiknya, kamu dapat nikmati durian dari ketinggian di sini. Ada banyak kanopi kayu yang terpasang pada pohon-pohon. Situasi sejuk dan kagum saat melihat hijaunya pohon-pohon akan membuat kamu makin kerasan di sini.

Harga ticket masuk di tempat ini benar-benar dapat dijangkau, yakni Rp5.000 pada hari biasa dan Rp7.500 diakhir minggu. Tempat ini dibuka pada jam 09.00 sampai jam 16.00 WIB. Seharusnya, kamu berkunjung tempat ini saat musim durian berjalan agar memperoleh banyak durian yang baik.

  1. Cepoko Garden Seed UPTD Semarang

Posisi: Jl. Cepoko Raya, Kel. Cepoko, Kec. Gunungpati, Kota Semarang

Cepoko Garden Seed atau Kebun Buah Cepoko adalah agrowisata punya Unit Eksekutor Tehnis Wilayah (UPTD) Pertanian Kota Semarang. Awalannya, kebun selebar 3,2 hektar ini dibangun sebagai pusat training untuk beberapa petani buah. Seiring berjalannya waktu, kebun ini ditingkatkan jadi agrowisata.

Komoditas khusus kebun ini ialah jambu kristal dan kelengkeng Itoh. Kamu bisa juga mendapati buah yang lain di kebun ini, seperti sirsak madu, durian, plum, markisa, cherry guava, dan lain-lain. Selain itu kamu bisa juga beli buah-buahan itu dengan harga dimulai dari Rp15.000 per kg.

Kamu bisa juga belajar bagaimana membudidayakan tanaman langsung diberikan oleh pakar pertanian. Bila pengin mengaplikasikannya di dalam rumah, kamu dapat beli bibitnya dengan harga dimulai dari Rp20.000. #WonderfulIndonesia sekali kan kebun ini?

  1. Kebun Buah Agro Purwosari Mijen

Posisi: Kel. Purwosari, Kec. Mijen, Kota Semarang

Di sini banyak tersedia buah yang dapat diambil seperti musimnya, seperti jambu kristal, jeruk, durian, markisa, kelengkeng, sirsak, dan sebagainya.

Kamu bisa juga menuai sayur yang berada di sini, seperti selada, kangkung, sawi sendok, dan sebagainya. Ditambahkan lagi, kamu dapat belajar bagaimana menanam secara hidroponik.

Pemandangan kebun yang Instagramable ini dapat kamu abadikan dan jadi latar belakang fotomu, lho! Unik sekali kan agrowisata di Semarang dan tentu saja #DiIndonesiaAja ini?

  1. Plantera Fruit Paradise

Posisi: Jl. Patean-Boja, Kel. Sidodadi, Kec. Patean, Kabupaten Kendal

Plantera Fruit Paradise adalah salah satunya agrowisata yang berada di Kabupaten Kendal, seputar 37 km samping barat Kota Semarang. Awalannya, agrowisata yang diatur oleh PT Cengkeh Zanzibar ini adalah perkebunan cengkeh.

Semenjak tahun 2000, perusahaan itu memperlebar sayapnya untuk membudidayakan buah-buahan tropis, seperti durian Monthong, kelengkeng Itoh, rambutan Binjai, srikaya Grand Anona, dan sebagainya. Buah-buahan itu ditingkatkan dari bibit buah favorit yang dari beberapa negara tropis, seperti Malaysia dan Thailand.

Agrowisata ini sediakan tiga paket rekreasi, yakni tour keliling kebun buah-buahan dengan mobil rekreasi, tour keliling kebun dengan berjalan kaki, dan petik buah sendiri. Disamping itu, kamu bisa juga berpose sepuasnya sebab pemandangan hijaunya kebun ini benar-benar Instagramable.

  1. Kebun Strawberry Banyuroto

Kebun Strawberry Semarang adalah tempat rekreasi agro yang terletak ada di samping selatan kota Semarang. Lama perjalanan dari kota Semarang seputar 1 jam memakai kendaraan.

Udara yang sejuk, fresh, dan panorama alam yang cantik akan membuat rekreasi Anda membahagiakan ketika ada di Agrowisata Kebun Strawberry Banyuroto.

Kebun Strawberry Semarang berada di wilayah Banyuroto. Terletak ada di seputar lereng gunung Merbabu, hingga udaranya benar-benar sejuk ciri khas alam pegunungan.

Secara administratif, posisi Kebun Strawberry Semarang ada di Banyuroto, Kec Sawangan, Kab Magelang, Prov Jawa tengah. Lumayan dekat dari objek rekreasi Ketep Pass Sawangan hingga akses transportasi ke posisi tidak demikian susah.

Di kawasan ini banyak terdapat pilihan kebun strawberry punya masyarakat seputar yang dapat Anda masuki. Silakan menuai sendiri buah strawberry dari kebun, pemilik kebun akan memberikan info ke pengunjung seperti apakah buah strawberry yang telah masak dan siap untuk diambil.

Saat saat liburan atau akhir minggu, kawasan Kebun Strawberry Banyuroto cukup ramai didatangi beberapa pelancong. Ada yang menuai dan mengonsumsi buah Strawberry langsung di posisi, ada juga yang mengantarnya pulang sebagai oleh-olehan untuk famili di dalam rumah.

Di kawasan agrowisata Kebun Strawberry Banyuroto, pengunjung yang tiba tidak dikenakan ongkos ticket masuk. Anda perlu bayar beberapa buah strawberry yang dibeli. Harga buah strawberry umumnya sekitar Rp 30 ribu per kilogramnya, dan minimum pembelian seberat 1/4 kg.

Jika Anda tidak mau sulit-susah metik sendiri, juga bisa beli buah strawberry yang sudah dibungkus yang umumnya dipasarkan dengan harga Rp 7.500 per paket.Kebun-kebun strawberry di sini yaitu punya masyarakat di tempat.

Keadaan geografis dan cuaca di Banyuroto memang pas untuk usaha perkebunan, terutamanya kebun strawberry. Tidak jauh dari Banyuroto ada juga kawasan Kopeng yang terdapat banyak kebun sayur mayur fresh di sini. Anda dapat memboyong buah strawberry sekalian sayur-mayur saat berekreasi ke tempat ini.

Hal Perlu Di Perhatikan Saat Wisata Perkebunan

Oh ya, ada satu perihal yang penting diingat! Seharusnya tidak boleh tiba saat musim hujan. Masalahnya rekreasi di alam terbuka seperti rekreasi agro di Kebun Strawberry Banyuroto ini akan menyusahkan Anda jika hadirnya cocok musim penghujan.

Menuai buah sendiri dan langsung mengkonsumsinya dengan keluargamu adalah quality time yang membahagiakan. Jadi, selekasnya datangi tempat wisata petik buah pada daftar di atas dengan keluargamu. Dan walau sedang asyik rekreasi, janganlah lupa selalu untuk bersihkan tangan, jaga jarak, dan menggunakan masker untuk menahan penyebaran COVID 19 ya.