Keunikan Arsitektur Rumah Tuhan

Keunikan Arsitektur Rumah Tuhan

Bermacam langkah manusia beragama untuk agungkan Tuhan mereka, salah satunya triknya dengan membuat rumah Tuhan seindah dan keunikan dari arsitektur.

Kecuali mempunyai tujuan untuk agungkan Tuhan, pembuatan rumah beribadah yang cantik dan bagus menjadi daya magnet tertentu untuk beberapa umat agama itu, bahkan juga untuk pengikut agama lain.

Keunikan Arsitektur Rumah Tuhan yang membuat semakin Khusu Beribadah

Bila rumah ibadahnya cantik, bagus, bahkan juga unik, orang akan suka untuk menghampirinya, bagus untuk melaksanakan ibadah atau sebatas berekreasi.

Baca Juga: Bisa Berfoto Dibawah Air Dan Nuansa Camping

Di bawah ini ialah sebelas foto rumah beribadah terindah, istimewa, dan Keunikan Arsitektur Rumah Tuhan yang menyebar di penjuru dunia dari bermacam agama. Yok, kita lihat!

  • Notre-Dame Basilica of Montreal, Kanada

Tempat beribadah ini berada di Old Montreal, Quebec, Kanada. Sepintas, terlihat luar tempat beribadah ini seperti terlihat gereja katedral umumnya. Kamu akan disongsong dengan patung penemu Montreal, Paul de Chomedey yang berdiri di atas tugu air mancur di muka gereja. Sisi depan Montreal’s Notre Dame Basilica mempunyai dua menara dengan warna abu-abu tua sebagai warna khusus sisi luar tempat beribadah ini.

Saat masuk di dalam, kamu akan berdecak takjub oleh design interiornya. Kubah tempat beribadah ini warna biru dihias pola-motif warna emas yang mendalam. Di muka altar, ada banyak patung figur terkenal dari agama Kristen-Katolik dalam miniatur istana ciri khas negara Eropa. Gabungan warna emas, biru, dan miniatur patung dan istana ini hasilkan panorama arsitektur yang paling menawan dan memanjakan matamu.

  • Hallgrímskirkja, Islandia

Hallgrímskirkja mempunyai dua kelebihan. Pertama, design arsitekturnya yang berupa segitiga meliuk. Titik paling tingginya capai 74,5 mtr.. Di waktu malam datang, beberapa lampu LED kuning menambahkan kesan-kesan eksklusif tempat beribadah ini. Disamping itu, aurora borealis sering menghias langit malam, memberi penerangan alami yang mengagumkan. Pasti kelebihan ini bawa pengalaman tertentu untuk siapa saja yang berdoa di simbol kota Reykjavik, Islandia ini.

Ke-2 , sisi dalam tempat beribadah ini nampak sederhana. Tetapi, supremasi warna putihnya sanggup membuat nampak bersih dan tidak bercela. Tempat duduknya warna hijau dengan dialek emas di pinggirnya. Dibagian atas pintu masuk gereja, ada organ dengan beberapa pipa. Kania percaya saat kamu tiba ke tempat beribadah ini, kamu akan rasakan keelokannya semenjak kehadiranmu di luar sampai saat menginjakkan kaki ke gereja.

  • Taktsang Palphug Monastery, Bhutan

Berlainan dengan tempat beribadah umumnya yang berdiri di atas tanah rata, Taktsang Palphug Monastery dibuat di tebing atas dusun Paro, Bhutan. Tepatnya, tempat beribadah yang telah dipakai sebagai tempat sembahyang semenjak 1692 ini berada di dekat Goa Taktsang Senge Samdup.

Taktsang Palphug Monastery jadi simbol kebudayaan Bhutan. Karena itu, tidaklah aneh bila arsitektur dari rumah beribadah ini benar-benar kental dengan style rumah tradisi Bhutan.

Gabungan warna kuning dan merah maroon-nya benar-benar unik dan warna putih didatangkan sebagai warna peralihan yang menetralisir ke-2 warna kuat itu. Pada dinding setiap rumah juga mempunyai sabuk merah dengan lingkaran kuning di tengah-tengahnya dan garis memiliki motif di tepi sabuk.

  • La Sagrada Kerabata, Barselona, Spanyol

Bangunan La Sagrada Kerabata seperti istana yang berada di beberapa film kerajaan. Sebab ini, tidaklah aneh tempat beribadah ini dikukuhkan sebagai UNESCO World Heritage Site. Dibuat oleh Antoni Gaudi pada 1884, sesungguhnya tempat beribadah ini belum usai dibuat sampai sekarang ini. Ada beberapa permasalahan yang merintangi proses pembangunan La Sagrada Kerabata, salah satunya kematian Antoni Gaudi dan berjalannya Perang Spanyol. Konstruksi bangunan ini diprediksi akan selesai di tahun 2032

Walau belum usai dibuat, kamu masih dapat menyaksikan begitu megahnya tempat beribadah ini. Luar biasanya, bangunan tempat beribadah ini benar-benar mendalam. Tiap segi bangunan dipenuhi dengan ukir-pahatan detil miniatur kejadian-peristiwa penting diperjalanan hidup Yesus, dari kelahiran, kebangunan, dan kematian. Bila bangunan gereja ini telah jadi, Kania percaya La Sagrada Kerabata bakal menjadi bangunan yang semakin memikat pelancong untuk tiba ke Spanyol!

  • Church of Our Savior on Spilled Blood, St. Petersburg, Rusia

Bermacam warna dan pola memberi kesan-kesan cerah dan membahagiakan. Kemungkinan ini kesan-kesan pertama yang kamu alami pertama kalinya berkunjung tempat beribadah ini. Bangunan sebagai salah satunya tempat rekreasi di St. Petersburg ini dibuat dari 1883 saat pemerintah Alexander III sampai periode pemerintah Nicholas II pada 1907. Church of Our Savior on Spilled Blood dibuat untuk kenang kembali Alexander II.

Serupa seperti La Sagrada Kerabata, Church of Our Savior on Spilled Blood seperti istana. Bedanya berada pada style arsitekturnya. Church of Our Savior on Spilled Blood mempunyai style arsitektur ciri khas Rusia. Wujud ujung setiap menara berupa bundar. Macam kejadian penting perjalanan hidup Yesus dilukiskan di kaca-kaca tempat beribadah ini. Disamping itu, tempat beribadah ini dibuat dari 7500 persegi mozaik. Ini yang membuat sekalian jadi museum mozaik di St. Petersburg.

Ke-5 tempat beribadah ini mempunyai style arsitektur yang lain hingga sanggup memberi pengalaman tertentu untuk pengunjung, entahlah untuk berdoa atau sebatas jadi tempat wisata. Lepas dari perannya, bangunan dengan arsitektur yang semegah dan sedetail ini harus lagi dilestarikan agar angkatan kedepan segera dapat menyaksikan keelokannya.

  • Las Lajas

Menurut legenda, Maria ada di sekitar sungai Guaitara pada 1754. Dianya memdorong masyarakat seputar membuat gereja basilica dengan style Gothic Revival pada 1916.

Gereja usai dibuat pada 1949, dan jadi salah satunya gereja yang sanggup tersambung dengan dinding sebuah bukit yang disambungkan oleh jembatan dengan ketinggian 160 kaki.

  • Islamski Centar, Kroasia

Masjid sekalian pusat aktivitas kaum muslim di Rijeka, Kroasia, ini diperlengkapi menara setinggi 23 mtr.. Dengan luas lebih dari 10 ribu mtr. persegi, masjid ini mempunyai aula serbaguna, ruangan mengajar-belajar, taman kanak-kanak, perpustakaan, dan kantor administrasi yang lain.

Masjid cantik ini adalah masjid pertama di kawasan Adriatic semenjak Kekaisaran Ottoman tinggalkan pesisir ini 500 tahun kemarin.

Kubah masjid terpisah jadi 5 sisi yang secara visual membuat satu kubah unik. Si perancang kubah, Dusan Dzamonja, ternyata di inspirasi dari beberapa masjid Ottoman di pantai Mediterania. Dengan macam bentuknya, dia mengakui sudah memberikan arti baru pada perancangan lama.

  • Masjid Raya Djenne, Mali

Masjid ini adalah bangunan dari lumpur paling besar di dunia. Banyak arsitek memandang style arsitektur Sudano-Sahelian yang diaplikasikan di sini yaitu yang terhebat di dunia.

Masjid pertama di Djenne yang berada di dekat Sungai Bani ini dibuat pada era ke-13. Kecuali jadi pusat komune muslim di Djenne, masjid ini jadi identitas tertentu di Afrika.

Tempat ini dikukuhkan jadi Situs Peninggalan Dunia UNESCO di tahun 1988 bersama-sama dengan predikat “Kota Kuno Djenne”.

  • Masjid Pusat Pengajaran, Qatar

Disaksikan dari luarnya, masjid ini sepintas lebih serupa museum seni dibanding tempat beribadah. Tidaklah aneh bangunan ini jadi salah satunya daya magnet Kota Doha.

Sekitar 1.800 jamaah dapat dimuat di aula khusus dan halaman luarnya. Dua menara membubung setinggi 90 mtr. dan ke arah pas ke kota Makkah.

Sisi luar masjid dihias dengan ayat-ayat Alquran, sesaat beberapa ratus lubang kecil jadi jendelanya.

  • Masjid Kandang, Arab Saudi

Tidak ada beton dan tembok, masjid ini cuman didukung seperti besi dan berdinding kawat baja. Itu penyebabnya masjid ini disebutkan Cage Mosque atau Masjid Kandang.

Dengan tidak ada dinding, angin bisa masuk dengan gampang ke ruangan salat. Antiknya kembali, sebab tidak tertutup plafon atau penghambat apa saja, cahaya matahari yang panas atau air hujan ikut juga masuk di dalam ruangan salat.

Rumah beribadah ialah tempat manusia untuk “berjumpa” dan agungkan Tuhan mereka. Membuat rumah beribadah yang istimewa dan cantik bisa disebutkan sebagai salah satunya langkah untuk memperlihatkan keagungan Tuhan.

Disamping itu, tempat beribadah yang cantik dan nyaman akan membuat orang yang ada didalamnya jadi kerasan untuk lama-lama ada didalamnya. Nah, dari kesebelas rumah beribadah di atas, kamu ingin berkunjung yang mana nih?